Perkembangan Abnormal




Perkembangan dilukiskan sebagai suatu proses yang dinamis, ooleh karena itu jika terjadi ketidak dinamisan perkembangan maka terjadi gangguan perkembangan. Gangguan perkembangan ini sering disebut sebagai kecacatan atau handicap. Kecacatan dapat berupa cacat fisik, cacat motoric, cacat social, cacat mental, dsb. Tidak jarang kecacatan ini dianggap sebagai hukuman atas kesalahan–kesalahan orang tua pada masa lalu. Misalnya
anak yang lahir tangannya tidak tumbuh sempurna dihubungkan dengan dosa orang tua pernah mencelakai orang lain dengan memotong tangannya pada saat istrinya hamil.
      Perkembangan abnormal tidak hanya mencakup gangguan perkembangan saja. Perkembangan abnormal juga berkaitan dengan perkembangan yang lebih cepat atau lebih bagus daripada rata-rata. Misalnya anak yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata, atau disebut anak berbakat. Oleh karena itu dalam penyajian ini anak luar biasa, khususnya anak genius atau berbakat disajikan dalam satu kesatuan dengan perkembangan abnormal.
      Gangguan perkembangan tidaklah terbatas pada kecacatan (handicap). Definisi gangguan tang lebih luas menyangkut pula gangguan perilaku yang lain seperti penyalahgunaan obat pada remaja dan orang dewasa. Gangguan perkembangan yang dibicarakan disini meliputi gangguan fungis fisik dan psikomotorik, gangguan fungsi intelektual dan gangguan yang nampak pada perilaku psikososial dan moral uang dicakup dalam pengertian deviansi.

Silahkan download materi Perkembangan Abnormal dibawah ini :
http://adf.ly/Zdb9n

2 comments:

  1. hy,, salam kenal kak ..

    jangan lupa maen2 ke blog ku ya kakak ... :)
    www,pheceofficial.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga,
    blog ente kok gak ada isinya ya? :D

    ReplyDelete