Unej Raih Juara Umum Mobil Listrik Nasional


mobil listrik unej
 Jember (Antara Jatim) - Mobil listrik karya mahasiswa Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, meraih juara umum dalam Kompetisi Mobil Listrik Nasional di Politeknik Negeri Bandung yang digelar 25-27 Oktober 2013.

Mobil "Titen GX-V" karya mahasiswa Teknik Elektro dan Tekhnik Mesin Unej memiliki catatan nilai yang memuaskan dari empat kriteria yang dilombakan yakni kategori percepatan mobil, pengereman, efisiensi energi, dan kecepatan kendaraan mobil listrik.

"Saya bersyukur dan berucap banyak terima kasih kepada teman-teman semuanya karena telah menjadi juara umum. Harapan saya tim mampu mempertahankan gelar yang sudah diraih," kata Rektor Unej Drs Moh. Hasan, MSc,PhD, di Jember, Kamis.


Tim Titen GX-V Unej yang beranggotakan 17 mahasiswa tersebut bertanding selama dua hari dengan arena berupa jalan aspal di dalam kampus Politeknik Negeri Bandung dan kekompakan tim mampu mengalahkan 13 peserta dari 13 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia yang ikut dalam kompetisi itu.

Rektor juga berharap tim Titen GX-V tidak hanya mampu tampil di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat Internasional. "Saya harap kedepan Titen GX-V mampu tampil di tingkat kejuaran internasional sehingga prestasi Unej akan semakin dikenal," tuturnya.

Sementara pembimbing tim Titen GX-V, Budi Utomo mengatakan persiapan yang dilakukan anak didiknya selama dua bulan akhirnya berbuah manis karena dari empat kategori yang dilombakan, Titen GX-V meraih 3 gelar juara.

"Tim Unej tampil sebagai tim yang terbaik dengan meraih juara 1 dalam kategori percepatan dan pengereman, kemudian pada kategori efiensi tenaga dan kecepatan mampu berada pada urutan ke-2, sehingga secara keseluruhan dalam semua kategori, Titen GX-V tampil sebagai juara umum," tuturnya.

Menurut dia, mobil listrik tim Unej memiliki nilai efisiensi tenaga yang cukup tinggi karena dalam perlombaan 10 putaran (7,5 kilometer) hanya membutuhkan daya 108 watt, sehingga jauh lebih efisien dari tim lain yang membutuhkan daya sekitar 200 watt untuk 10 putaran.

"Desain mobil yang sederhana dan berat mobil yang cukup ringan yakni sekitar 140 kg dengan kekuatan 1.000 watt, membuat Titen GX-V mampu melaju dengan kecepatan maksimal 50-60 km/jam dan mampu menempuh jarak 60 km dengan baterai penuh, sehingga jauh diatas tim yang lain yang hanya mampu menempuh jarak kurang lebih 30 km," paparnya.(*)

Sumber : http://www.antarajatim.com/lihat/berita/120534/unej-raih-juara-umum-mobil-listrik-nasional

No comments:

Post a Comment